IIN INDARWATI, - (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TURUNNYA MINAT PELANGGAN DALAM MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA PT. POS INDONESIA CABANG PANAM PEKANBARU MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
gabung.pdf Download (9MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
Bab IV Pembahasan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Iin Indarwati, (2019): Faktor-faktor yang Mempengaruhi Turunnya Minat Pelanggan dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru menurut Ekonomi Islam (Studi Kasus PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru) Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai turunnya minat pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru, padahal jasa pengiriman PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru merupakan salah satu kebutuhan primer bagi pelanggan yang menggunakan jasa tersebut, artinya dengan adanya jasa pengiriman pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru tersebut sangat membantu para masyarakat. Khususnya masyarakat di daerah sekitar PT. Pos tersebut. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi turunnya minat pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi turunnya minat pelanggan dalam menggunakan jasa pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada masyarakat yang menggunakan jasa PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru serta konsumen (orang yang mengirimkan barang), sedangkan objek penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi turunnya minat pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru menurut Ekonomi Islam. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 210 orang kemudian penulis menetapkan sampel pada penelitian ini 21 atau 10% dari 210 responden dengan menggunakan teknik Total Quota Sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang Penulis kumpulkan langsung dari responden atau sumber data lapangan dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari pihak-pihak yang terkait, serta buku-buku literatur yang dapat membantu penelitian ini guna melengkapi data-data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi turunnya minat pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru adalah keterlambatan barang kiriman sampai ke tempat tujuan, kualitas pelayanan, kerusakan dan kehilangan pada barang kiriman dan banyaknya jasa pengiriman lain. Tinjauan ekonomi Islam terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi turunnya minat pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia Cabang Panam Pekanbaru adalah belum sesuai dengan Ekonomi Islam, hal ini dikarenakan masih seringnya terjadi keterlambatan barang kiriman sampai ke tujuan, kualitas pelayanan yang masih kurang, serta kurang amanah dan bertanggung jawab terhadap kerusakan barang kiriman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis 300 Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 16 Oct 2019 07:37 |
Last Modified: | 16 Oct 2019 07:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21406 |
Actions (login required)
View Item |