Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN PEREMPUAN TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Buruh Perempuan PT. Gunung Sawit Mas di Desa Rantau Kayu Kuning Kecamatan Tambusai)

hairani nasution, - (2019) PERANAN PEREMPUAN TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Buruh Perempuan PT. Gunung Sawit Mas di Desa Rantau Kayu Kuning Kecamatan Tambusai). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
gabung.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan penulis mengenai peranan perempuan terhadap peningkatan kesejahteraan keluarga menurut Ekonomi Islam, peran perempuan dalam rumah tangga pada saat ini telah bergeser dalam arti perempuan keluar rumah untuk bekerja membantu sang suami. Fenomena peran dan kontribusi perempuan bekerja sangat besar, dapat dilihat dari semangat para perempuan dalam bekerja. Perempuan di Desa Rantau Kayu Kuning Kecamatan Tambusai ini bekerja sebagai buruh di PT. Gunung Sawit Mas membuat para perempuan memiliki dua peran sekaligus, yakni peran yang bertugas mengurus rumah tangga dan peran yang bertugas di luar rumah atau bekerja untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah apa saja jenis kesejahteraan yang diterima oleh buruh perempuan yang bekerja di PT. Gunung Sawit Mas dan bagaimana peranan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga menurut Ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian sosiologis (lapangan) dan sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis, yakni menggambarkan tentang pokok permasalahan yang diteliti dan kemudian dianalisa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa jenis kesejahteraan yang diberikan oleh PT. Gunung Sawit Mas adalah tunjangan keluarga, jaminan kesehatan, perumahan, jaminan kesehatan bekerja serta asuransi kecelakaan. Selanjutnya, peranan perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dilatar belakangi oleh istri yang bekerja sebagai buruh di PT. Gunung Sawit Mas. Hal ini dikarenakan adanya desakan kebutuhan ekonomi keluarga, ditambah lagi keadaan suami mayoritas yang bekerja sebagai petani biasa sehingga mereka mengizinkan istri bekerja. Sehingga hal ini tidak bertentangan dengan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:44
Last Modified: 16 Oct 2019 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21402

Actions (login required)

View Item View Item