PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 TANAH PUTIH KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR

YULNITA, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 TANAH PUTIH KECAMATAN TANAH PUTIH KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013819PMT.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 1 TANAH PUTIH Kecamatan Tanah Putih tahun ajaran 2012/2013. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah“Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik TSTS dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SMPN 1 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 TANAH PUTIH Kecamatan Tanah Putih tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 94 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 yang berjumlah 24 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII.2 yang berjumlah 24 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaranTwo Stay Two Stray (TSTS)dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes.Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan dari uji hipotesis menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif teknik TSTSyaitu 3.04 pada taraf 5% yaitu 2,02. Perbedaan mean pemahaman konsep belajar siswa menunjukkan pemahaman konsep kelas perlakuan lebih tinggi daripada mean pemahamaan konsep kelas kontroldi mana mean kelas eksperimen adalah 81,6 dan mean kelas kontrol adalah 71,37.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:44
Last Modified: 29 Jan 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2136

Actions (login required)

View Item View Item