PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA SISWA SMA AL-HUDA PEKANBARU

ERNI YANTI, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA SISWA SMA AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013797PMT.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru yang berjumlah 63 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Al- Huda Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:44
Last Modified: 29 Jan 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2134

Actions (login required)

View Item View Item