PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ROKAN HILIR

SULIATI, (2013) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-FALAH KECAMATAN SIMPANG KANAN KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013795PMT.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan komunikasi matematika pada materi pokok Sudut dan Garis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi FIRE-UP dengan strategi konvensional pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Falah. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran FIRE–UP dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional”? Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Falah. Semester 2 tahun pelajaran 2012/2013. yang terdiri kelas VIIA, VIIB dan VIIC yang seluruhnya berjumlah 129 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dari kelas VIIC sebanyak 44 siswa dan kelompok konvensional dari kelas VIIB sebanyak 45 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 89 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan analisis uji tes ”t”. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa yang menggunakan strategi FIRE-UP dengan strategi konvensional. Ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa. Dimana rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 70,454 untuk strategi FIRE-UP, sedangkan untuk strategi konvensional dengan rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa sebesar 58,333. Berdasarkan perbandingan to dengan tt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (1,99<3,58>2,63).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:44
Last Modified: 29 Jan 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2132

Actions (login required)

View Item View Item