STUDI TENTANG KONSEP ETIKA MENURUT ISLAM DAN KRISTEN

Muhammad Arif Bin Abdullah, (2010) STUDI TENTANG KONSEP ETIKA MENURUT ISLAM DAN KRISTEN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201103.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang penulis angkat dengan judul “STUDI TENTANG KONSEP ETIKA MENURUT ISLAM DAN KRISTEN”, merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang dilatar belakangi oleh satu pemahaman bahwa etika merupakan perangkat yang dimiliki oleh manusia untuk mengatur tata kehidupan di dunia ini, baik dalam berhubungan dengan pribadi sesama manusia, makhluk lain, dan sang Khaliq-Nya. Masalah etika adalah masalah yang pertama-tama muncul pada diri manusia secara ideal maupun real. Implikasinya hampir setiap agama yang lahir baik itu agama samawi maupun ardhi membicarakan masalah ini walaupun dalam porsi yang berbeda-beda antara satu agama dengan agama yang lain. Etika difungsikan atau sangat berguna dalam hubungan antar manusia yang berbudaya bagi menghasilkan hal-hal yang baik, benar, sopan, beradab, tata tertib, dan lain-lainnya. Di sini dapatlah kiranya di lihat dari segi hubungan etika yang mana setiap manusia seharusnya berpijak pada tiga hal, yaitu logika, etika serta estetika. Ini karena, ia merupakan tata nilai yang saling berhubung dalam setiap kehidupan (interaksi sosial kemasyarakatan). Penulis tertarik melakukan penelitian ini karena didasari atas rasa ingin tahu tentang cara ataupun bentuk-bentuk etika Kristen dan Islam, serta dasar-dasar dan tujuan pelaksanaan etika terhadap manusia. Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat secara lebih jelas tentang permasaalahan etika dalam Islam dan Kristen. Di samping itu bertujauan untuk mengetahui, menganalisa dan melihat persamaan dan perbedaan ajaran etika dalam agama Islam dan Kristen, sehingga terlihat dimana persamaan dan perbedaannya. Antara kesimpulan yang penulis perolehi daripada penelitian ini, bahwa dalam kehidupan ini, yang sangat berharga adalah nilai akhlak, moral dan etika dalam meniti kehidupan beragama. Ini karena ajaran Islam maupun Kristen bila diperhatikan secara cermat dan benar serta teliti, ianya terdapat kesamaan terutama dalam pemahaman dimana hati nurani dan nilai murni sebagai panduan dan ikutan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item