Pola Komunikasi Pimpinan PTPN V Kebun Sei Pagar Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Dinda Ramadhani, - (2019) Pola Komunikasi Pimpinan PTPN V Kebun Sei Pagar Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Dinda Ramadhani Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Pola Komunikasi Pimpinan PTPN V Kebun Sei Pagar Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Pola komunikasi akan dianggap baik apabila komunikasi yang diberikan oleh komunikator langsung mendapatkan umpan balik (feedback) dari komunikan. Pola komunikasi juga bisa dianggap tidak berjalan dengan baik apabila hasilnya tidak sesuai dengan target yang diharapkan seperti yang terjadi pada “Pola Komunikasi Pimpinan PT Perkebunan Nusantara V Kebun Sei Pagar Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan”, karena kesibukan pimpinan diluar kantor mengakibatkan kurangnya perhatian, komunikasi dan interaksi yang baik terhadap para karyawan di PT Perkebunan Nusantara V Kebun Sei Pagar. Akibat yang terjadi dari kurangnya interaksi antara Pimpinan dengan karyawan sehingga sebagian para karyawan melanggar peraturan yang telah ditetapkan perusahaan, seperti istirahat dan pulang kerja sebelum jam nya. Maka dari itu, perlu adanya pola komunikasi yang lebih baik antara pimpinan dengan karyawan yang bertujuan untuk menjadikan karyawan lebih disiplin kerja dan waktu terhadap peraturan perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pimpinan PT Perkebunan Nusantara V Kebun Sei Pagar dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menurut Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss terdapat 3 pola komunikasi, yaitu: pola komunikasi linear, pola komunikasi interaksional, dan pola komunikasi transaksional. Hasil dari penelitian ini yaitu diukur dari tiga indikator pola komunikasi yaitu, pola komunikasi linear yang dianggap berjalan dengan baik karena bentuk komunikasinya satu arah, pola komunikasi interaksional dianggap dapat meningkatkan interaksi antara pimpinan dengan karyawan sehingga pola komunikasi ini sesuai dengan yang diharapkan bahwa komunikasi yang terus menerus dilakukan akan berdampak positif dan mendapatkan feedback yang baik, sedangkan pola komunikasi transaksional yaitu komunikasi yang dilakukan tidak hanya kepada karyawan yang bekerja didalam kantor tetapi juga yang bekerja diluar kantor. Dari keseluruhan data yang diperoleh, maka pola komunikasi interaksional yang dianggap paling berpengaruh dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan serta untuk memberikan dorongan dan nasehat sehingga dapat meningkatkan semangat kerja para karyawan. Kata Kunci : Pola Komunikasi, Pimpinan, Motivasi Kerja, Karyawan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:00
Last Modified: 14 Oct 2019 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21296

Actions (login required)

View Item View Item