PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP DARMA LOKA PEKANBARU

SUGIANTO, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP DARMA LOKA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013788PMT.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Dharma Loka Pekanbaru antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran generatif dengan metode diskusi dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Dharma Loka Pekanbaru antara siswa yang diterapkan strtategi pembelajaran generatif dengan metode diskusi dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Dharma Loka Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 142 siswa yang teridiri dari empat kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu pemahaman konsep matematika siswa SMP Dharma Loka Pekanbaru sebagai variabel terikat dan penerapan strategi pembelajaran generatif dengan metode diskusi sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, wawancara pada awal penelitian dan akhir penelitian, observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan dan tes pada awal penelitian dan akhir penelitian. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif dengan menggunakan metode diskusi dan satu pertemuan untuk mengadakan postest. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa SMP Dharma Loka Pekanbaru antara siswa yang diterapkan strategi pembelajaran generatif dengan metode diskusi dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional, hal ini terlihat dari nilai meannya bahwa mean kelas eksperimen sebesar 72,43 sedangkan mean kelas kontrol sebesar 74,14 dan hasil uji U mann – Whitney diperoleh Z = -0,42. Terletak antara -,1,96 < X < 1,96. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran generatif dengan metode diskusi terhadap pemahaman kosep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:44
Last Modified: 29 Jan 2016 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2129

Actions (login required)

View Item View Item