PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMPN 2 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

RESKINA HAYATI, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMPN 2 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013786PMT.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Interaksi dan Komunikasi dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran selain kemampuan siswa dalam perhitungan matematika itu sendiri. Oleh karena itu, semua permasalahan interaksi dan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran perlu mendapat perhatian khusus. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk solusi untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kurangnya kemampuan siswa dalam berinteraksi dan berkomunikasi dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap interaksi sosial siswa dalam pembelajaran matematika siswa SMP Negeri 2 Kampar. Tujuan dari penelitian tersebut diharapkan bisa dijadikan salah satu solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu rendahnya kemampuan interaksi dan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Setelah data diperoleh dari lapangan melalui dokumentasi dan lembar observasi, peneliti menganalisis data tersebut menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Karena data yang diperoleh berbentuk ordinal, maka penulis menggunakan rumus tes “ chi square “. Berdasarkan analisis data terssebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap interaksi sosial siswa dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 2 Kampar. Hal ini tergambar pada terdapatnya perbedaan yang signifikan antara penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika siswa di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2128

Actions (login required)

View Item View Item