PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MAN 1 PEKANBARU

AYU KUMALA, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MAN 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013783PMT.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di MAN 1 Pekanbaru?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttes-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Pekanbaru tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 291 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X 2 dan X 3, dimana kelas X 2 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan metode TAI dengan pendekatan Reciprocal Teaching dan kelas X 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan metode TAI dengan pendekatan Reciprocal Teaching dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama. Untuk melihat hasil penelitian kemampuan pemahaman konsep matematika dilakukan uji t dengan kriteria penolakan Ho adalah thitung ≥ ttabel. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,5 pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh ttabel = 2,00 dan 2,65. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan metode TAI dengan pendekatan Reciprocal Teaching dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan dapat dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 76,45 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol yaitu sebesar 65,75. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode TAI dengan pendekatan Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas X MAN 1 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item