IMPLEMENTASI METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS(MFEP)UNTUK SISTEM PENENTUAN PEMANEN KELAPA SAWIT TERBAIK PER PERIODIK

Tania Novera Sandy, - (2019) IMPLEMENTASI METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS(MFEP)UNTUK SISTEM PENENTUAN PEMANEN KELAPA SAWIT TERBAIK PER PERIODIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TA Tania Novera Sandy tanpa BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pelaksaan penentuan pemanen terbaik yang dilaksanakan oleh PT. Adei Plantation & Industry, masih terdapat kekurangan berupa perhitungan nilai perkriteria yang belum objektif dan tepat, ketidaklengkapan data yang sampai ke manager, serta pengumpulan laporan yang menggunakan format yang berbeda-beda di setiap ladang. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu staff dalam menentukan pemanen terbaik menggunakan metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) yang dapat memberikan penilaian secara objektif dan cepat serta pelaporan yang terstruktur. Metode MFEP merupakan metode kuantitatif dengan sistem pembobotan. Metode MFEP menentukan alternatif dengan perangkingan nilai yang tertinggi sebagai solusi terbaik. Proses penentuan pemanen terbaik menggunakan metode MFEP ini melalui beberapa tahapan yaitu pembobotan, evaluasi pembobotan, dan hasil keputusan berupa perangkingan pemanen yang berhak menjadi pemanen terbaik perbulan sebanyak 2 orang perdivisi. Pada Sistem ini juga dapat memberikan penilaian ABC, mengolah data perawatan per ladang, melihat hasil perkebunan per divisi, serta memberikan pelaporan. Pada pengujian blackbox menunjukkan hasil bahwa sistem yang telah dibangun sudah berjalan sesuai yang dibutuhkan dan diharapkan pengguna. Pengujian UAT yang dihitung menggunakan skala likert menunjukkan hasil yaitu 84,58 (Sangat Bagus). Kata Kunci: MFEP, Multifactor Evaluation Process, Penentuan pemanen terbaik, Pemanen kelapa sawit, Perangkingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:00
Last Modified: 14 Oct 2019 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21265

Actions (login required)

View Item View Item