PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

LOLA MONICA, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI SMALL GROUP WORK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013782PMT.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Sudut dan Garis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi Small Group Work (SGW) dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang belajar menggunakan Strategi Small Group Work dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional di SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-only design with nonequivalent group. Dalam penelitian ini, peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru yang sebagai observer. Variabel bebas pada penelitina ini adalah Strategi Small Group Work dan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 215 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VII3 dan VII5, dimana kelas VII5 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Small Group Work dan kelas VII3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Data yang terkumpul dari hasil tes dianalisis dengan menggunakan analisis statistik komparatif dengan analisis uji tes”t”. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Small Group Work (SGW) dengan pembelajaran konvensional. Ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil belajar siswa. Dimana rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77 untuk strategi SGW, sedangkan untuk pembelajaran konvensional dengan rata-rata hasil belajar sebesar 69,886. Berdasarkan perbandingan to dengan tt baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% menunjukkan bahwa to lebih besar dari tt (1,99<3,01<2,63).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item