PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA PULAU GODANG KARI KECAMATAN KUANTAN TENGAH BERDASARKAN PERATURAN MENTERI SOSIAL NO 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN

NURLIANI APRILA, - (2019) PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DESA PULAU GODANG KARI KECAMATAN KUANTAN TENGAH BERDASARKAN PERATURAN MENTERI SOSIAL NO 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN NURLIANI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurliani Aprila (2019) : Pelaksanaan Pemberi Bantuan Kesejahteraan Sosial Di Desa Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial No 1 tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga dan/atau seseorang miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin, diolah oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial dan di tetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Bantuan PKH terdiri dari kriteria pendidikan, kriteria kesehatan dan kriteria kesejaheteraan sosial. Adapun permasahan yang penulisan teliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan pemberian bantuan PKH khusus kesejahteraan sosial di Desa Pulau Godang Kari masih banyak masyarakat Desa Pulau Godang kari yang belum mendapatkan bantuan PKH. 29 masyarakat yang mendapatkan bantuan PKH, tetapi 4 orang yang kriteria kesejahteraan sosial yang mendapatkan bantuan PKH. Dilihat dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pemberian bantuan kesejahteraan sosial di Desa Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah berdasarkan Peraturan Menteri Sosial No 1 tahun 2018 Tentang Program Kelarga Harapan, serta bagaimana dampak Pelaksaan Pemberian Bantuan Kesejahteraan Sosial Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial No 1 Tahun 2018 tentang Program Keluarga Harapan di Desa Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelian hukum secara sosiologis, dimana teknik pengumpulan data secara observi, wawancara dan penyebaran angket. Dengan maksud tujuan untuk menemukan fakta, kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah, kemudian menuju kepada identifikasi masalah dan pada akhirnya menuju kepada cara penyelesaian masalah. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa pemberian bantuan kesejahteraan sosial belum terlaksana sepenuhnya. Karena masih banyak masyarakat yang belm mendapatkan bantuan PKH. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa di Desa Pulau Godang Kari untuk menentukan siapa saja yang akan mendapatkan bantuan PKH dilakukan dengan musyawarah oleh perangkat desa. Keterbatasan penerimaan bantuan kesejahteraan sosial, Kurangnya partisipasi masyarakat dalam mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Sosial di Desa Pulau Godang Kari. Kewajiban untuk penerima PKH kriteria kesejahteraan sosial tidakterlaksana, dalam pemeriksaan keshatan yang dilakukan 1 kali dalam 1 tahun untuk lansia yang berumur 60 tahun ke atas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:57
Last Modified: 14 Oct 2019 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21259

Actions (login required)

View Item View Item