PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MA DAREL HIKMAH PEKANBARU

DINA ANDRIYANI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MA DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013781PMT.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan contextual teaching and learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas X MA Darel Hikmah Pekanbaru?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai observer dan guru secara langsung menerapkan model pembelajaran dalam kegiatan belajar di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 97 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL dilaksanakan pada lima pertemuan pertama, sedangkan postes dilaksanakan pada pertemuan keenam (pertemuan terakhir). Data hasil Postes dianalisa dengan menggunakan uji tes-t. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa baik di kelas eksperimen maupun di kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini diketahui dari perbedaan mean kedua kelas tersebut, kelas eksperimen memperoleh nilai mean yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan pendekatan CTL berpengaruh terhadap pembelajaran matematika khususnya pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item