PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 GUNUNG SAHILAN

MAYU SYAHWELA, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 GUNUNG SAHILAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013779PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis dan kreatif antara siswa yang menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional dalam pembelajaran metematika di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gunung Sahilan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional dalam pembelajaran metematika di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Gunung Sahilan? Apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang menggunakan pendekatan problem posing dengan siswa yang menggunakan pendekatan konvensional dalam pembelajaran metematika di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 GunungSahilan” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Non equivalent Posttest-only Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMKN 1 Gunung Sahilan Kabupaten Kampar yang berjumlah 48 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan menerapkanpendekatanproblem posing dengan dan satu kali mengadakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian, kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematikadilakukan uji tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan problem posing memberikan pengaruh positif kepada kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pengaruh tersebut dilihat dari adanya perbedaan rata-rata antara kedua sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas control dengan nilai t hitung=3,362 untuk kemampuan berpikir kritis dan t hitung = 2,18 untuk kemampuan berpikir kreatif lebih besar dari t tabel =2,02.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item