Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Penetapan Tarif Angkutan Umum Bus Trans Metro Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 10 Tahun 2014

DUROTUNNASIHIN, NASIHIN (2019) Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Penetapan Tarif Angkutan Umum Bus Trans Metro Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 10 Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
Skripsi Bab 1 - 5 (-bab 4) siap apluod revisi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB IV upload pustaka.pdf

Download (883kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Durotunnasihin : Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Penetapan Tarif Angkutan Umum Bus Trans Metro Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 10 Tahun 2014 Penelitian ini dilator belakangi oleh adanya penetapan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2014 tentang penetepan tarif dan pengelolaan keuangan tiket bus trans metro pekanbaru dalam wilayah kota pekanbaru dan sekitarnya. Jumlah Tariff yang ditetapkan dalam Perwako ini Rp. 4000,- untuk umum, Rp. 3000,- untuk mahasiswa dan Rp. 2500,- untuk penumpang anak-anak dan pelajar. Tariff tersebut berlaku untuk sekali jalan, artinya penumpang dengan jarak tujuan jauh maupun dekat dikenakan tariff yang sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan system pembayaran satu tarif pada jasa angkutan bus trans metro pekanbaru kemudian bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanaan system pembayaran satu tarif pada jasa angkutan bus trans metro pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan fiqh muamalah terhadap Sistem Pembayaran Satu Tarif Pada Jasa Angkutan Bus Trans Metro Pekanbaru Berdasarkan Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 10 Tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pengelola dan penumpang, diketahui bahwa terdapat 63 pengurus harian PAP ( terdiri dari ASN dan THL ) dan penumpang tidak di ketahui jumlahnya. Dengan populasi tersebut maka penulis hanya mengambil sampel 1 orang ( Kasubbag UPTD PAP ) dengan menggunakan purposive sampling (pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu) dan 50 orang penumpang dengan menggunakan accidental sampling (sampling kebetulan, pengambilan sampel didasarkan pada kenyataan bahwa mereka kebetulan muncul). Sumber data primer penelitian ini diperoleh langsung di lapangan dengan menggunakan teknik triangulasi (observasi, wawancara, dan angket), dengan melampirkan beberapa dokumentasi. Selain itu, dilengkapi dengan data sekunder yang diperoleh dari literatur dan beberapa buku serta bahan-bahan hukum yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu setelah semua data terkumpul, maka diklarifikasi dalam pemaparan dan penjelasan. Berdasarkan analisis penulis dengan meninjau teori dan literatur yang berkaitan dengan fiqh muamalah, maka system satu tariff yang terapkan angkutan umum Bus Trans Metro Pekanbaru berdasarkan Perwako Nomor 10 Tahun 2014 tidak melanggar syari’ah dan diperbolehkan. Hal ini dikarenakan jumlah tariff yang ditetapkan sudah seimbang dengan fasilitas yang diperoleh oleh penumpang dan tidak ada yang terzolimi serta dalam pelaksanaan nya sudah sesuai dengan akad-akad ujrah ( Fiqh Muamalah ). Kata Kunci : Tarif, Bus Trans Metro Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:59
Last Modified: 14 Oct 2019 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21239

Actions (login required)

View Item View Item