PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

JUNAINAH, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013764PMT.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil dan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII-2 dan VIII-1 SMP N 1 Tambang Kabupaten Kampar?” dan apakah terdapat perbedaan motivasi belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII-2 dan VIII-1 SMP N 1 Tambang Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttestonly Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru mata pelajaran berperan sebagai observer. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang berjumlah 40 orang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, angket dan tes. Dalam penelitian, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) kemudian satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian maka dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item