Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS AL-USMANIYAH BAGAN BATU KECAMATAN BAGAN SINEMBAH ROKAN HILIR

YUGIAN SARI PRATIWI (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS AL-USMANIYAH BAGAN BATU KECAMATAN BAGAN SINEMBAH ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013752PMT.pdf

Download (509kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question terhadap aktivitas belajar matematika siswa dengan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan terhadap aktivitas belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question dengan siswa yang diajarkan secara konvensional pada materi aljabar siswa kelas VII di MTs Al- Usmaniyah Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir.” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi , dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan uji t, didapatkan nilai t = 4,472 yang berada di luar kisaran nilai 2,00 < 4,472 2,65 yang berarti ada perbedaan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question dengan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan aktivitas belajar matematika siswa sebesar 50,12 lebih baik dari aktivitas belajar konvensional 50,02 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan terhadap aktivitas belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Starts With A Question dengan siswa yang diajarkan secara konvensional pada materi aljabar siswa kelas VII di MTs Al-Usmaniyah Bagan Batu Kecamatan Bagan Sinembah Rokan Hilir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item