Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA

LASMIATUN (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR AKTI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 KECAMATAN DAYUN KABUPATEN SIAK SRI INDRAPURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013731PMT.pdf

Download (845kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan dalam strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang belajar menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam model pembelajaran langsung dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 34Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Sri Indrapura tahun ajaran 2011/2012. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester I SMPN 34 Kecamatan Dayun Kabupaten Siak Sri Indrapura Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 54 pesertadidik yang terbagidalam 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan Model pembelajaran langsung dalam strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dari kelas VII.1 sebanyak 27 siswa dan kelompok control dengan pembelajaran konvensional dari kelas VII.2 sebanyak 27 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 54 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan teshasil belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyaklima kali yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam model pembelajaran langsung dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendir idatanya secara manual. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” untuk sampel besar (N≥ 30) yang tidak berkolerasi. Dari analisis data yang dilakukan dengan strategi Everyone is a Teacher Here (ETH) dalam model pembelajaran langsung diperoleh nilai thiting= 4,098 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,01<4,098> 2,69) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi Everyone is a Teacer Here (ETH) dalam model pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sebesar 40% dan terdapat pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar matematika siswa. Ini dapat dilihat dari perbedaan mean pada kelas eksperien sebesar 75 dan mean pada kelas control sebesar 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item