Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PROGRAM UNDERWEAR RULE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANGTUA (IBU) MENGENAI BAHAYA KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (RIZKY DEWIYANI K)

RIZKY DEWIYANI KALELE, - (2019) EFEKTIVITAS PROGRAM UNDERWEAR RULE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANGTUA (IBU) MENGENAI BAHAYA KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK (RIZKY DEWIYANI K). Skripsi thesis, universitas islam negeri sultan syarif kasim riau.

[img]
Preview
Text (cover sampai lampiran tanpa bab 4)
cover sampai lampiran kecuali bab IV.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (bab 4)
14. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy

Abstract

RIZKY DEWIYANI K (2019) Belakangan ini marak terjadi kekerasan seksual yang terjadi pada masyarakat. Ironisnya, pelaku tidak hanya mengincar para korban dewasa saja, namun juga menjadikan anak-anak yang masih tidak tahu apa-apa menjadi korban. Begitu besarnya peran orangtua, keluarga dan lingkungan bagi tumbuh kembang seorang anak. Melihat kasus kekerasan seksual pada anak yang terus meningkat dan dampak besar yang ditimbulkan akibat peristiwa tersebut, maka perlu dilakukan suatu program pencegahan kekerasan seksual melalui pendidikan seks yang berguna untuk melindungi diri anak dari bahaya kekerasan seksual. Salah satu program yang sesuai dengan karakteristik anak usia prasekolah adalah program underwear rule dimana anak diajak untuk belajar menghargai dan menjaga tubuh mereka terutama yang ditutupi pakaian dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program underwear rule efektif dalam meningkatkan pengetahuan orangtua mengenai bahaya kekerasan seksual pada anak. Penelitian ini dilakukan pada orangtua wali murid TK Harapan Bunda menggunakan purposive sampling dengan subyek penelitian 6 orang kelompok eksperimen dan 6 orang kelompok kontrol. Alat pengumpul data yang digunakan berupa objective test yang terdiri dari 45 item. Tekhnik analisis data menggunakan Mann Whitney Test, penghitungan ini dilakukan dengan bantuan program SPSS 24.0 for windows. Berdasarkan analisis data penghitungan gain score pada kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai taraf signifikansi p=0,004. Hasil penghitungan ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata skor yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen rerata skor pada saat pre-test 25,33 dan pada saat post-test 43,16 mengalami peingkatan sebesar 17,83 setelah diberikan perlakuan. Kata Kunci : underware rule, orangtua, kekerasan seksual

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:18
Last Modified: 10 Oct 2019 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21172

Actions (login required)

View Item View Item