PENGARUH PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT (STAD) MELALUI MODEL TIME CONTINUUM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 5 MERBAU

MAHA INTAN, (2013) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT (STAD) MELALUI MODEL TIME CONTINUUM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 5 MERBAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013730PMT.pdf

Download (610kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pemahaman konsep matematika antara siswa yang belajar menggunakan Strategi Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Melalui Model Time Continuum dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan strategi kooperatif tipe STAD melalui model Time Continuum dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yaitu peneliti berperan sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Merbau yang berjumlah 112 orang, sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi kooperatif tipe STAD melalui model Time Continuum dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi kooperatif tipe STAD melalui model Time Continuum dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2117

Actions (login required)

View Item View Item