Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REALISASI TARGET DANA BAGI HASIL PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR PROVINSI RIAU NOMOR 30 TAHUN 2017 TENTANG TATA CARA PENYALURAN DANA BAGI HASIL PAJAK KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA SE-PROVINSI RIAU

Robby Suandi, - (2019) REALISASI TARGET DANA BAGI HASIL PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN INDRAGIRI HILIR BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR PROVINSI RIAU NOMOR 30 TAHUN 2017 TENTANG TATA CARA PENYALURAN DANA BAGI HASIL PAJAK KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA SE-PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNG OK.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)

Abstract

Adapun penulisan skiripsi ini dilatarbelakangi oleh realisasi target dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor di kabupaten indragiri hilir yang tidak mencapai target dan tidak berjalan secara optimal sesuai dengan peraturan gubernur nomor 30 tahun 2017. Dilihat dari fakta yang terjadi di lapangan bahwasanya realisasi dari dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor tersebut tidak mencapai target yang telah di tetapkan oleh badan pendapatan daerah tersebut dan tidak berjalan secara optimal sesuai dengan peraturan gubernur tersebut. Padahal dana dari bagi hasil tersebut di gunakan untuk pembangunan daerah. Akibat dari tidak tercapai-Nya target dari dana yang telah di salurkan mengakibatkan terhambatnya pembangunan dari daerah tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, maka permasalahan yang dibahas dalam tulisan ini adalah bagaimana realisasi target dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor di kabupaten Indragiri hilir berdasarkan peraturan gubernur provinsi riau nomor 30 tahun 2017 tentang tata cara penyaluran dana bagi hasil pajak kepada pemerintah kabupaten/kota se-provinsi riau, dan apa saja faktor penghambat tidak tercapainya realisasi dari target dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor di kabupaten Indragiri hilir. Metode dari penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis atau empiris yaitu yang dilakukan langsung turun kelapangan dengan menggunakan metode purpossive sampling. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di badan pendapatan daerah kabupaten Indragiri Hilir. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori-teori yang berkaitan dengan penelitian, seperti teori pemerintahan daerah, teori pendapatan asli daerah, teori perpajakan, teori dana perimbangan, dan perimbangan keuangan didaerah. Dari hasil penelitian yang diketahui secara keseluruhan bahwa realisasi dari dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor tersebut tidak mencapai target yang telah ditetapkan oleh badan pendapatan daerah kabupaten Indragiri hilir dan tidak berjalan secara optimal sesuai dengan peraturan gubernur nomor 30 tahun 2017. Sedangkan faktor penghambat tidak tercapai-Nya realisasi dari dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor tersebut yang target-Nya telah ditetapkan oleh badan pendapatan daerah kabupaten Indragiri hilir adalah dikarenakan masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, kurang transparan atau keterbukaan bagi wajib pajak, faktor ekonomi yang menurun, kurangnya sosialisasi dari instansi terkait, dan tidak terdatanya kendaraan yang rusak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Oct 2019 08:22
Last Modified: 09 Oct 2019 08:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item