PENGARUH PENGUNAAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU

HANY ZAHIRA, (2013) PENGARUH PENGUNAAN STRATEGI BELAJAR AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013704PMT.pdf

Download (556kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only control desingn. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 kelas siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru tahun ajaran 2012/ 2013 sebanyak 162 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X.1 dan X.2, dimana kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini guru yang berperan sebagai observer dan peneliti sebagai guru dalam proses pembelajaran ini. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Square untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru yang belajar menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH dengan siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Adanya perbedaan dapat dilihat dari mean kelas eksperimen sebesar 81,872 yang lebih tinggi dari mean kelas kontrol yaitu sebesar 69,49. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi belajar aktif tipe ETH memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item