PENGARUH PENERAPAN TEORI KOGNITIF PIAGETMELALUIMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

MAWADDATURROHMAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN TEORI KOGNITIF PIAGETMELALUIMODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013703PMT.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya hasil belajar matematika siswa yang rendah dan disamping itu metode mengajar yang diterapkan oleh guru belum bisa meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar dengan Penerapan Teori Kognitif Piaget melalui Model Pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional”. Adapun rumusan masalahnya “Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar dengan Penerapan Teori Kognitif Piaget melalui Model Pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional”.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini ingin melihat Pengaruh Penerapan Teori Kognitif Piagetmelalui Model Pembelajaran JigsawTerhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dikelas eksperimen dengan siswa dikelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar matematika siswa berupa kuis yang dilakukan sesudah Penerapan Teori Kognitif Piagetmelalui Model Pembelajaran Jigsaw, dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya pengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa yang signifikan setelah Penerapan Teori Kognitif Piagetmelalui Model Pembelajaran Jigsaw. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dimana nilai thitung adalah 2,61 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung> ttabel karena 2,61 > 2,00 , sehingga dapat diambil kesimpulan Ho di tolak dan Ha di terima. Ha di terima berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan Penerapan Teori Kognitif Piaget melalui Model Pembelajaran Jigsaw dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:43
Last Modified: 29 Jan 2016 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item