PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMBILAHAN

ALFIN HIDAYATUR RAHMIKA, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMBILAHAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013702PMT.pdf

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran pemecahan masalah terhadap kemampuan penalaran matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan dan yang menjadi objek penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematika kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, dan test. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Sedangkan test dipergunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran pemecahan masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari perhitungan dengan menggunakan test t, bahwa harga thitung yaitu 2,16 lebih besar dari taraf signifikan 5% 2,16>1,292 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan sebesar 2,16 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item