Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE THE AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER (APC MODEL) (STUDI KASUS: VULKANISIR CV. BOLA MAS)

Dicky Anggara, - (2019) ANALISA PRODUKTIVITAS PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE THE AMERICAN PRODUCTIVITY CENTER (APC MODEL) (STUDI KASUS: VULKANISIR CV. BOLA MAS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (bab full)
combine pdf.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

CV. Bola Mas mengalami kendala permasalahan pada faktor produktivitasnya. Permasalahan terjadi oleh beberapa faktor produktivitas perusahaan yang meliput target produksi yang tidak terpenuhi di beberapa bulannya. Dari faktor kinerja mesin di perusahaan mengalami kendala pada proses produksi disebabkan oleh proses Repair mesin. Dari faktor pengeluaran biaya energi yang dikeluarkan oleh perusahaan selalu tidak stabil melebihi target pengeluaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dari faktor kinerja karyawan terdapat beberapa karyawan yang absen per harinya keterangan sehingga akan terjadinya penempatan karyawan yang tidak bekerja sesuai pada bidangnya, mengantikan job karyawan yang absen tersebut sehingga terjadinya pemakaian energi yang besar dan boros, sehingga pengeluaran biaya energi yang dikeluarkan perusahaan cukup besar. Untuk memecahkan suatu permasalahannya metode yang digunakan dalam pengukuran produktivitas dan profitabilitas adalah metode American Productivity Center (APC). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terjadi nya penurunan produktivitas dan profitabilitas pada tahun 2018 dari faktor bahan baku, tenaga kerja, modal serta input total sehingga diberi suatu usulan perbaikan dari kelima faktor tersebut dimana penyebab penurunannya didapatkan dari bagan gambar Fault Tree Analysis (FTA) yang dijelaskan secara rinci dan details.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:30
Last Modified: 08 Oct 2019 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item