PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA USAHA AYANO MOTOR DI PERAWANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

DESI KHAMARIA, - (2019) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA USAHA AYANO MOTOR DI PERAWANG MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV BENAR.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

ABSTRAK Desi Khamaria (2019): Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Bekas Pada Usaha Ayano Motor Di Perawang Menurut Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya kenaikan penjualan sepeda motor bekas pada usaha ayano motor pada saat setelah menggunakan media sosial dalam penjualannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana penggunaan media sosial dalam meningkatkan penjualan sepeda motor bekas pada usaha Ayano Motor di Perawang dan bagaimana tinjauan ekonomi Syariah mengenai penggunaan media sosial dalam meningkatkan penjualan sepeda motor bekas pada usaha Ayano Motor di Perawang. Penelitian ini bersifat lapangan, maka dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sebagai data primer adalah data yang secara langsung diperoleh dari responden, yaitu pemilik usaha Ayano Motor dan pembeli sepeda motor di Ayano Motor, sedangkan data sekunder adalah berupa data yang diambil dari beberapa buku buku yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Yang menjadi populasi pada penelitian ini berjumlah 20 orang pembeli dengan menggunakan teknik accidental sampling dan 1 orang pemilik. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa deskriptif kualitatif yaitu analisa data yang bersifat penjelasan dari data-data dan informasi yang berkaitan dengan teori dan konsep-konsep yang mendukung pembahasan, dimana pembahasan ini menggunakan metode kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, usaha Ayano Motor dalam melakukan pemasaran menggunakan media sosial yaitu Facebook. Pemilik melakukan pemasaran dengan cara Connecting (koneksi), Update status, Update foto atau vidio, Group, Chat atau obrolan dalam melakukan pemasarannya. Hal ini terlihat dari peningkatan penjualan sepeda motor bekas saat menggunakan media sosial yang mencapai 96 unit. Sedangkan faktor media sosial yang mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk pada usaha Ayano Motor adalah Mudahnya konsumen dalam mencari produk yang diinginkan yaitu mencapai 90%, Murah karena konsumen tidak perlu mengeluarkan biaya bensin yang terlalu banyak untuk berkeliling mencari showroom mencapai 80%, Mengefisienkan waktu karena tidak perlu belama-lama mencari produk yang dibutuhkan mencapai 90%, Modern dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi mencapai 85%, dan dapat fokus pada produk yang hendak di beli dan di butuhkan mencapai 90%. Secara keseluruhan faktor media sosial dalam mempengaruhi pelanggan sudah bagus, hanya saja pada sisi biaya yang murah persentasinya lebih rendah dari pada faktor yang lain. Usaha Ayano Motor dalam memasarkan produknya sudah berusaha menjalankan prinsip-prinsip ekonomi syariah yaitu, Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh. Kata Kunci: Pemasaran, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 658 Manajemen Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Oct 2019 07:02
Last Modified: 07 Oct 2019 07:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21118

Actions (login required)

View Item View Item