Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISI FRAMING PUISI SUKMAWATI SOEKARNOPUTRI DI MEDIA ONLINE DETIK.COM EDISI 04 APRIL 2018 (PENDEKATAN PRINSIP-PRINSIP JURNALISME)

DESY NOFITA SARI, - (2019) ANALISI FRAMING PUISI SUKMAWATI SOEKARNOPUTRI DI MEDIA ONLINE DETIK.COM EDISI 04 APRIL 2018 (PENDEKATAN PRINSIP-PRINSIP JURNALISME). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNGAN DESY.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V DESI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Puisi ‗Ibu Indonesia‘ karya Sukmawati Soekarnoputri dibacakan pada acara Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018, puisi yang disampaikan dinilai mengandung unsur penistaan terhadap azan dan cadar. Untuk itu peneliti ingin mengetahui bagaimana analisis pemberitaan puisi sukmawati soekarnoputri di media online detik.com edisi April 2018. Penelitian ini men-gunakan pendekatan kualitatif, dengan model Zhondang Pan dan Gerald M.Kosicki yang mengunakan empat struktur yaitu sintaksis, skrip, tematik, dan retoris yang dikaitkan dengan prinsip-prinsip jurnalisme. Hasil penelitian mengungkapkan pada struktur sintaksis detik.com lebih balance (berimbang) yaitu memberi tempat bagi dua atau lebih pihak, dengan memberitakan pihak yang pro dan kontra terhadap pemberitaan Sukmawati. Pada struktur skrip detik.com lebih mengedepankan unsur ketokohan (who), tentang penyelesaian puisi Sukmawati dengan pemberian maaf (what) sehingga memperlihatkan bahwa detik.com dalam memberitakan puisi Sukmawati tidak menjadi media yang menyampaikan kebenaran secara mutlak tetapi menjadi media yang mengiring pemikiran pembaca untuk mengikuti apa yang disampaikan (tidak objektivitas). Pada struktur tematik detik.com mengiring pemikiran pembaca untuk memberikan permaafan adalah langkah yang terbaik dengan mengunakan narasumber yang mendukung pernyataan tersebut, sehingga pemberitaan cenderung berpihak kepada Sukmawati (tidak objektivitas). Pada struktur retoris menekankan faktafakta dalam pemberitaanya dengan pemilihan kata melalui pesan yang disampaikan ke dalam bentuk penulisan judul, pemilihan sudut pandang (narasumber), penggunaan bahasa, dan tampilan foto di headline. Ideologi detik.com cenderung pada pemberitaan maaf kepada Sukmawati, sehingga terlihat keperpihakan (tidak objektivitas). Kata Kunci: Analisis Framing, Sukmawati, Puisi, Detik.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 05 Oct 2019 05:20
Last Modified: 05 Oct 2019 05:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21110

Actions (login required)

View Item View Item