PENGARUH PENGGUNAANSTRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs.02 MUHAMMADIYAH PEKANBARU

SUKANDI, (2013) PENGARUH PENGGUNAANSTRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs.02 MUHAMMADIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013686PMT.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar matematika siswa kelas VII MTs. 02 Muhammadiyah Pekanbaru setelah diterapkan strategi pembelajaran the Power of Two. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Adakah perbedaan penerapan strategi the Power of Two terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII MTs. 02 Muhammadiyah Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan peneliti hanya sebagai observer dalam proses pembelajaran. Peneliti memilih dua kelas yang dipilih secara acak dengan memilih kelas VII.3 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan objek penelitian ini adalah Minat Belajar Matematika melalui strategi pembelajaran the Power of Two. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah diterapkannya strategi pembelajaran the Power of Two untuk kelas eksperimen. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan strategi pembelajaran the Power of Two dan tiga pertemuan lagi menerapkan strategi pembelajaran the Power of Two. Untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar siswa maka data dianalisis dengan memperhatikan skor dari angket yang telah diisi oleh siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data dari observasi tersebut, diambil kesimpulan yaitu terdapat perbedaan minat belajar matematika siswa kelas eksperimen (VII.3) yang telah diterapkannya strategi pembelajaran the Power of Two dengan kelas kontrol yang hanya diajar dengan metode mengajar konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item