PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION JENAWI OBLONG RIAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

KHINTAN MAYORI, - (2019) PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION JENAWI OBLONG RIAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khintan Mayori, (2019): Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jenawi Oblong Riau menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh asumsi bahwa konsumen dalam melakukan pembelian produk fashion Jenawi Oblong Riau akan mempertimbangkan brand image (citra merek) yang baik dan menjadi pertimbangan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah brand image (citra merek) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion Jenawi Oblong Riau dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap brand image (citra merek) dan keputusan pembelian produk fashion Jenawi Oblong Riau. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Jenawi Oblong Riau yang berlokasi yaitu Jl. Durian No.2D, Keluruhan Pulau Karam, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Populasi konsumen yang menggunakan produk fashion Jenawi Oblong Riau adalah 313 orang dan perhitungan sampel menggunakan rumus slovin sebanyak 76 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu melakukan uji statistic seperti uji instrumen penelitian, uji asumsi klasikdan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang tergambar pada persamaan regresi linear sederhana Y= 12,042 + 0,869X, hasil uji hipotesis menyimpulkan nilai t hitung = 6.545 > nilai t tabel = 1,99254, maka H0 ditolak, berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image terhadap keputusan pembelian. Besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian produk fashion Jenawi Oblong Riau diperoleh sebesar 36,7% dan sisanya 63,3% dipengaruhi dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini dan nilai koefisian korelasi sebesar 0,605. Hal ini berarti korelasi antara variabel independen (brand image) dan variabel dependen (keputusan pembelian) memiliki hubungan yang kuat. Menurut tinjauan ekonomi syariah keputusan pembelian dalam prespektif ekonomi syariah mengenai brand image (citra merek) terhadap keputusan pembelian produk fashion Jenawi Oblong Riau yang dalam penelitian ini signifikan maka pengguna harus cerdas dengan memperhatikan norma dasar yang menjadi landasan dalam perilaku konsumen muslim agar membelanjakan harta dalam kebaikan dan menjauhi sifat kikir, tidak melakukan kemumbaziran dan kesederhanaan. Kata Kunci: Brand Image dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 05 Oct 2019 04:28
Last Modified: 05 Oct 2019 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21097

Actions (login required)

View Item View Item