Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN SOMATIS-AUDITORI-VISUAL-INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 4 TAMBANG

DIDET TRALITA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN SOMATIS-AUDITORI-VISUAL-INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 4 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013663PMT.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan “Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang dengan penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI)”. Adapun rumusan masalahnya yaitu: “Apakah penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Kubus dan Balok dikelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI) dan hasil belajar matematika Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Observasi dilakukan oleh penulis sendiri sebanyak 4 kali. Tes hasil belajar siswa berupa quiz dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari analisis data yang dilakukan terlihat rata-rata sebelum tindakan 58,53 sesudah tindakan 79,79. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori- Visual-Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2108

Actions (login required)

View Item View Item