Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH STRATEGI AKTIF TIPE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP N 17 PEKANBARU

DWI SUSANTI (2013) PENGARUH STRATEGI AKTIF TIPE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP N 17 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013659PMT.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil dan kreativitas belajar matematika siswa menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?” dan apakah terdapat perbedaan kreativitas belajar matematika siswa menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen klasik dan desain yang digunakan adalah Two-Group Post- Test-OnlyDesign. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX yang berjumlah 74 orang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX1 dan IX2. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, angket dan tes. Dalam penelitian, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan menggunakan menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate kemudian satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian kreativitas dan hasil belajar matematika siswa dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan penerapan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate terhadap hasil dan kreativitas belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item View Item