STRATEGI KOMUNIKASI SANGGAR BATHIN GALANG DALAM MENSOSIALISASIKAN DESA WISATA BUDAYA BOKOR DI KECAMATAN RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI PROVISI RIAU

IMAM AMINUDDIN, - (2019) STRATEGI KOMUNIKASI SANGGAR BATHIN GALANG DALAM MENSOSIALISASIKAN DESA WISATA BUDAYA BOKOR DI KECAMATAN RANGSANG BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI PROVISI RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
OK SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya perhelatan budaya di Desa Wisata Bokor tahun 2017 yang menyebabkan kurangnya Wisatawan Daerah, Nasional, dan Mancanegara yang berkunjung ke Desa Wisata Budaya Bokor. Agar penurunan tersebut tidak kembal terulang, maka Desa Wisata Budaya Bokor harus selalu di sosialisasikan dengan tujuan agara Wisata Budaya Bokor tetap tampil eksis dan di Kenal oleh masayarakat luas, baik Nasional maupun Mancanegara. Dalam kegiatan sosialisasi di butuhkan strategi komunikasi yang baik, hal inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti Bagaimana Strategi Komunikasi Sanggra Bathin Galang Dalam Mensosialisaikan Desa Wisata Budaya Bokor. Rumusan masalah penelitian yaitu, “Bagaimana Strategi Komunikasi Sanggar Bathin Galang dalam Mensosialiasasikan Desa Wisata Budaya Bokor di Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau”. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan subjek penelitiannya adalah Sanggar Bathin Galang yang terdiri dari Ketua Sanggar bathin Galang, Humas Sanggar Bathin Galang, Sekretaris Sanggar bathin Galang dan Kepala Bidang Tari Sanggar Bathin Galang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi Komunikasi Sanggar Bathin Galang dalam Mensosialisasikan Desa Wisata Budaya Bokor di Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepualauan Meranti Provinsi Riau. Teori yang digunakan dalm penelitian ini adalah teori strategi komunikasi dengan menentukan Komunikator, menentukan pesan, pemilihan media, mengenali sasaran dan menentapkan metode. Teknik pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu Strategi Komunikasi Sanggar Bathin Galang Dalam Mensosialisasikan Desa Wisata Budaya Bokor di Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Meranti Provinsi Riau dapat diwujudkan dengan melakukan sosialisasi dalam bentuk event - event budaya traditional serta roadshow Desa Wisata Budaya Bokor baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Media yang digunakan yaitu media cetak dan elektronik dan juga pengunaan media massa seperti, koran, radio, stanggi, televisi, facebook, instagram dan juga internet. Selain itu juga mengunakan media nirmassa / non massa seperti, surat, spanduk atau baliho, x-baner, brosur serta bekerjasama dengan lembaga pemerintah dan sawasta. Secara keseluruhan strategi komunikasi telah dilakukan namaun sosialisasi yang dilakukan Sanggar Bathin Galang belum maksimal dikarenakan kurangnya sarana dan prasarana yang kurang memadahi serta dukungan dari kelompok sadar wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Kata Kunci : Startegi Komunikasi, Sosialisais, Desa Wsiata Buday Bokor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:08
Last Modified: 02 Apr 2020 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21063

Actions (login required)

View Item View Item