MUHAMMAD ILHAM (2019) STRATEGI KREATIF DALAM PRODUKSI IKLAN KOMERSIAL DI RADIO GRESS 105,8 FM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP MUHAMMAD ILHAM.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama : Muhammad Ilham NIM: : 11443104454 Judul : Strategi Kreatif dalam Produksi Iklan Komersial di Radio Gress 105,8 FM Pekanbaru Iklan mempunyai kedudukan yang penting dalam suatu media massa salah satunya seperti radio. Iklan yang didengarkan di radio harus menarik dan bagus agar pendengar tertarik mendengar iklan tersebut dan klien yang memasukkan iklan di radio merasa puas dengan iklan yang diproduksi di radio tersebut. Untuk menghasilkan iklan radio yang menarik dan memuaskan klien diperlukan strategi kreatif dalam produksi iklan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif dalam produksi iklan komersial di Radio Gress 105,8 FM Pekanbaru. Untuk metode penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah 3 orang yang terdiri dari, 1 orang station manager dan produksi kreatif, 1 orang bagian marketing dan 1 orang bagian script writer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Radio Gress 105,8 FM memiliki strategi kreatif meliputi ide orisinil, memiliki nilai artistik estetika, pesan mampu diingat, mempunyai efek, unik, sifat kebaruan dan inovatif, efek mengejutkan, mampu meningkatkan penjualan produk, dan memenangkan penghargaan. Hal ini untuk memuaskan klien dan mempunyai klien yang setia mengiklankan produknya di Radio Gress 105,8 FM Pekanbaru. Kata kunci: Strategi produksi iklan, iklan kreatif, dan Radio Gress 105,8 FM ABSTRACT Name : Muhammad Ilham Student Reg. No : 11443104454 Title : Creative Strategies in the Production of Commercial Advertising on Gress Radio 105.8 FM Pekanbaru Advertising has an important position in a mass media, one of which is like radio. Advertisings heard on the radio must be interesting and good so that listeners are interested in hearing these advertisements and its clients who put advertisings on the radio are satisfied with the advertisings produced on the radio. To produce radio advertisings that are attractive and satisfying for clients, creative strategies are needed in the production of these advertisements. This study aims to find out creative strategies in the production of commercial advertisements on Gress Radio 105.8 FM Pekanbaru. The researcher uses qualitative research method, namely research that produces descriptive data in the form of words written or spoken from people and behaviors that can be observed, interviewed and documented. There are 3 informants in this study consisting of 1 station manager and creative production, 1 marketing division and 1 script writer section. The results of this study indicate that Gress Radio 105.8 FM has creative strategies including original ideas, has aesthetic artistic value, has messages can be remembered, has an effect, are unique, has novelty and innovative nature, has surprising effects, are be able to increase product sales, and win awards. This is to satisfy clients so that it has loyal clients who advertise their products on Gress Radio 105.8 FM Pekanbaru. Keywords: Advertising production strategy, creative advertising, and Gress Radio 105.8 FM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 07:42 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21060 |
Actions (login required)
View Item |