PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR

DESI HASTUTI, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN TEKNIK NOMINAL GROUP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MTs MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013656PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan teknik nominal group dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan teknik nominal group dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 68 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan menerapkan model pembelajaran langsung dengan teknik nominal group dan satu kali mengadakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian pemahaman konsep matematika dilakukan uji tes-t. Dari hasil analisis yang dilakukan mengenai model pembelajaran langsung dengan teknik nominal group diperoleh nilai t0 = 3.30 yang berarti lebih besar dari harga ttabel pada taraf signifikan 1% maupun pada taraf 5% dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan teknik nominal group dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2106

Actions (login required)

View Item View Item