PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 35 PEKANBARU

DIAN MITA NURHAYATI, (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 35 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013655PMT.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan pendekatan Realistic Mathematic Education dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 35 Pekanbaru?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain Posttest-only Control Design. Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 35 Pekanbaru yang berjumlah 196 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas VII.5 yang berjumlah 40 orang (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII.4 yang berjumlah 39 orang (sebagai kelas kontrol). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, ada perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan RME memberikan pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item