PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS VIIIA MADRASAH TSANAWIYAH SAWAH

NURHAYATI, (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS VIIIA MADRASAH TSANAWIYAH SAWAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013422PMT.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sawah. Di mana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa di kelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Sawah pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti dan dibantu oleh Saudari Martina Susanti. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes “t” untuk sample yang berkorelasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16. Dari analisis data yang dilakukan mengenai penerapan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan diperoleh nilai to =14,595, yang berarti lebih besar dari harga tt (to>tt ) baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% yaitu (14,595>2,06 dan 14,595>2,79). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Sawah. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-ratanya 55,38, sedangkan rata-rata setelah penerapan pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan adalah 60.11 pada siklus I, 65.00 pada siklus II, 76.53 pada siklus III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item