PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKASISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DANAU BINGKUANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

NURHAYATI, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROJECT BASED LEARNINGTERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIKASISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI DANAU BINGKUANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013401PMT.pdf

Download (930kB) | Preview

Abstract

Pemecahanmasalahmerupakansalahsatudaritujuanpembelajaranmatematika. Karenarendahnyakemampuanpemecahanmasalahmatematikayang dimilikisiswakelasIXMTsNegeriDanauBingkuangKecamatanTambangKabupaten Kampar, penelititertarikuntukmenelitipengaruh model pembelajaranProject Based Learning(PJBL) terhadapkemampuanpemecahanmasalahmatematikasiswakelasIXMTsNegeriDana uBingkuangKecamatanTambangKabupaten Kampar. DalampenelitianinirumusanmasalahnyaadalahApakahterdapatperbedaanyang signifikanmodel pembelajaranPJBL denganpembelajarankonvensionalterhadapkemampuanpemecahanmasalahmatema tikasiswakelasIXMTsNegeriDanauBingkuangKecamatanTambangKabupaten Kampar? Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiadatidaknyaperbedaanyang signifikanmodel pembelajaranPJBLdenganpembelajarankonvensionalterhadapkemampuanpemeca hanmasalahmatematikasiswakelasIXMTsNegeriDanauBingkuangKecamatanTam bangKabupaten Kampar.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.Teknikpengambilansampelmenggunakanteknikrandom sederhana.Populasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas IX MTs NegeriDanauBingkuangdansampeldalampenelitianini, kelas IX.Asebagaikelaseksperimendankelas IX.B sebagaikelaskontrol. Teknikpengumpulandata denganmelakukandokumentasi, observasidantes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaranPJBLdan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebutpenelitimenghitungsendiridatanyasecara manual. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisismenggunakantes “t”. Analisis data menunjukkannilaithitung= 2,899danttabelpadatarafsignifikan 5% dan 1% sebesar 2,02dan 2,69. Hal inimenunjukkanbahwa(2,02<2,899>2,69), yang berartiH0ditolakdan Ha diterima. Jadi, dapatdisimpulkanbahwaterdapatperbedaanyang signifikan model pembelajaran PJBL dengan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswakelasIXMTsNegeriDanauBingkuangKecamatanTambangKabupaten Kampar padamateribangunruangsisilengkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:42
Last Modified: 29 Jan 2016 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item