MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

DELVINOVITA, (2013) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013400PMT.pdf

Download (266kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan di SMP Negeri 1 Kampar Utara, terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika di antaranya : Sebagian siswa jarang mengerjakan tugas yang diberikan guru, baik berupa PR maupun tugas di sekolah. Sebagian siswa bermain ketika mengikuti pelajaran. Siswa terlihat kurang bersemangat mengikuti pelajaran, cenderung diam dan tidak ada keinginan untuk bertanya. Sekitar 90% dari jumlah siswa tidak membuat catatan penting tentang materi yang telah dipelajari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran Ekspositori. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran Ekspositori Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2012-2013 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kampar Utara Kabupaten Kampar. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu : perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata alternatif “Ya” sebesar 53,6%. berada pada interval 40% – 55% tergolong kurang baik. Pada siklus I, jawaban alternatif “Ya” diperleh rata-rata 67% berada pada interval 56% – 75% tergolong cukup baik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh jawaban alternatif “Ya” diperoleh rata-rata 87% berada pada interval 76%-100% tergolong baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:41
Last Modified: 29 Jan 2016 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item View Item