Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NUBUAT NABI TENTANG BANGUNAN TINGGI ( STUDY ANALISAH DALAM ILMU MA’ANIL HADITS )”

SITI AISYAH (2017) NUBUAT NABI TENTANG BANGUNAN TINGGI ( STUDY ANALISAH DALAM ILMU MA’ANIL HADITS )”. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (2).pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BABA III (1).pdf

Download (926kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ NUBUAT NABI TENTANG BANGUNAN TINGGI ( STUDY ANALISAH DALAM ILMU MA’ANIL HADITS )”. Judul ini diangkat karna pada zaman sekarang ini banyak kita lihat bangunan-bangunan tinggi sebagai tanda dekatnya kita dengan hari kiamat. Dan diantara bangunan yang tertinggi di dunia saat ini adalah Burj Khalifa yang berada di Dubai, Uni Emirat Arab. Dan hal ini sesuai dengan apa yang diberitakan oleh baginda Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya bahwa diantara tanda-tanda akhir zaman adalah manusia saling berlomba dalam membangun gedung yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah hadits yang berkaitan dengan pembahasan ini serta mengetahui derajatnya. Dan juga mengetahui pemahaman sekaligus pendapat ulama tentang hadits tersebut. Penelitian ini merupakan kajian pustaka, dan penulis menggunakan metode tematik dengan mengumpulkan hadits yang berkaitan dengan judul yang diangkat, penulis juga menggunakan metode tahlili dengan menjelaskan syarah dari hadits tersebut serta pemahaman tentang hadits tersebut. Adapun yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah : 1. Mengumpulkan hadits-hadits yang berkaitan dengan judul ini yang ada dalam kitab at-tis’ah 2. Mentakhrij hadits-hadits tersebut, 3. Menjelaskan tahlil ulama dan ma’ani yang terkandung dalam hadits tersebut. Dari penelitian ini penulis menemukan 13 hadits yang berbeda tetapi maknanya sama. Dan ada 4 hadits yang penulis takrij, dari hadits yang penulis takhrij diantaranya 3 yang shoheh dan 1 yang hasan shoheh. Dan hasil analisah dari penelitian ini bahwa makna bangunan tinggi itu adalah jika manusia ingin membangun gedung atau rumah, maka mereka akan membangun bangunan yang tinggi dari pada gedung atau rumah yang lainnya dengan kata lain mereka membangunnya untuk bermegah-megahan dan menyombongkan diri terhadap yang lainnya, dan hal sangat tidak diperbolehkan oleh baginda NABI SAW. Inilah nubuat nabi yang telah disebutkannya sebagai tanda bahwa manusia yang hidup pada zaman ini telah dekat dengan hari kiamat, dan seyogyanya kaum muslimin mengetahui akan hal itu. Dan didalam hadits disebutkan bahwa orang yang saling belomba-lomba dalam membangun itu adalah orang dulunya fakir yang tidak memiliki alas kaki, dan pengembala kemudian mereka menjadi kaya raya sehingga mampu membangun gedung pencakar langit. Dan benar lah apa yang telah diberitakan oleh Nabi kita SAW pada 14 abad silam dan kita wajib percaya dan mengimaninya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 01 Oct 2019 13:50
Last Modified: 01 Oct 2019 13:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21007

Actions (login required)

View Item View Item