HADIS-HADIS TENTANG LAILATUL QADAR DALAM KITAB FAHDAIL 'AMAL KARYA MUHAMMAD ZAKARIYA AL-KANDAHLAWI: STUDI TAKHRIJ HADIS

FAATHIR FAT-HEL HAMID, (2017) HADIS-HADIS TENTANG LAILATUL QADAR DALAM KITAB FAHDAIL 'AMAL KARYA MUHAMMAD ZAKARIYA AL-KANDAHLAWI: STUDI TAKHRIJ HADIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ASBTRAK.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img]
Preview
Text
10 BAB V (1).pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh berkah. Malam yang dikhususkan oleh Allah 'aza wajala dari malam-malam yang lainnya, malam yang ibadah didalamnya lebih baik dari malam seribu bulan atau sama dengan delapan puluh tiga tahun tiga bulan. Allah SWT berfirman: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikatmalaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". Penulis menemukan hadis nabi yang mengandung tentang lalilatul qadar ini, yaitu kitab Fadha'il 'Amal yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Zakariyya Al-Khandahlawdi. Hadits-hadits yang tertulis dalam kitab hadits seharusnya disebutkan sanadnya secara lengkap. Pada kitab ini, hampir seluruh hadits tidak disebutkan sanad riwayatnya melainkan langsung menyebutkan kata-kata dan ungkapan yang ditulis di dalam hadits tersebut adalah perkataan Rasulullah dan beberapa lainnya hanya menyebut rawi 'ala nya saja. Semua hadits dalam kitab ini perlu dibahas secara ilmiah untuk menyampaikan pembaca dan pengguna kitab tersebut ke manhaj ilmu yang sesungguhnya, yaitu dengan Ilmu Takhrij. Permasalahan umum dalam mengkaji hadits adalah ketidakpastian apakah hadits tersebut merupakan perkataan Rasulullah atau bukan. Dalam kitab ini (Fadha'il 'Amal), penulis menemukan empat hadits yang ditulis dalam Bab Fadhilah Lailatul Qadar. Berdasarkan masalah ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian ilmiah tentang hadits yang membahas tentang Lailatul Qadar dalam kitab Fadha'il 'Amal. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan hadits-hadits tentang lailatul qadar, mencari kata kuncinya dalam kitab Mu'jam Mufahros Li'alfadzil Hadis Nubuah, mengutip dari kutub at-tis'ah, menganalisa biografi perawi dari setiap hadis dari segi Jarh Wa Ta'dhil dalam dua Kitab a-tTahzib, dan melihat isi kandungan hadis dari kitab-kitab sarah hadis, kitab-kitab Fiqih, kitab-kitab Fadhilah, dan kitab-kitab ibadah lainnya. Penulis telah melakukan analisa Takhrij hadis-hadis dalam kitab Fadha'il 'Amal, dan semua hadits yang penulis temukan maqbul (dapat diterima) dan dapat dijadikan dalil untuk mengamalkan Lailatul Qadar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 01 Oct 2019 13:29
Last Modified: 01 Oct 2019 13:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21002

Actions (login required)

View Item View Item