PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT TERHADAP MOTIVASIBELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 5MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

WASIMAH, (2013) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT TERHADAP MOTIVASIBELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 5MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_2013391PMT.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Numbered head together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan motivasi antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional di kelas VII SMPN 5 Kuala Merbau Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti tahun ajaran 2011/2012. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah angket Design with Nonequivalent Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester I SMPN 5 Kuala Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 64 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dari kelas VII a sebanyak 32 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas VII b sebanyak 32 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 64 siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, lembaran observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama empat kali yaitu tiga kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan satu pertemuan lagi dilaksanakan penyebaran angket. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes”t” untuk sampel besar (N≥ 30) yang tidak berkolerasi. Dari analisis data yang dilakukan dengan model pembelajaran (NHT) diperoleh nilai to = 10,563 yang berarti lebih besar dari tt (to> tt) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,00 < 10,563 > 2,65) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi siswa, dan terdapat perbedaan motivasi antara siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi Bilangan Bulat. Ini dapat dilihat dari perbedaan mean kedua variabel menunjukkan kelas eksperimen dengan pembelajaran Numbered Head Together (NHT) lebih baik dari kelas konvensional, dimana mean Numbered Head Together (NHT) kelas yang menggunakan pembelajaran (NHT) sebesar 40,156 dan mean motivasi kelas konvensional sebesar 31,156.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 29 Jan 2016 03:41
Last Modified: 29 Jan 2016 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2100

Actions (login required)

View Item View Item