KEHIDUPAN BERAGAMA REMAJA DI PENDANG ALOR SETAR KEDAH DARUL AMAN MALAYSIA

Burhanuddin Bin Haji Ismail, (2011) KEHIDUPAN BERAGAMA REMAJA DI PENDANG ALOR SETAR KEDAH DARUL AMAN MALAYSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201143-.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “KEHIDUPAN BERAGAMA REMAJA DI PENDANG ALOR SETAR KEDAH DARUL AMAN MALAYSIA”. Penelitian ini dilaksanakan sebagai syarat memperoleh gelar Sarjana Ushuluddin di Jurusan Perbandingan Agama Fakultas Ushuluddin tempat dimana penulis menimba pengetahuan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, Riau, Indonesia. Dari penjelasan diatas, permasalahan yang diteliti adalah bagaimana kehidupan beragama remaja di Pendang Alor Setar Kedah Darul aman Malaysia, apa saja faktor yang mempengaruhi kehidupan beragama remaja di Pendang Alor Setar Kedah Darul aman Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan yaitu gabungan antara kuantitatif dengan kualitatif. Penelitian kuantitatif yaitu, memberikan deskripsi mengenai kehidupan beragama remaja di Pendang Alor Setar Kedah Darul Aman Malaysia, berdasarkan data yang diperoleh dari frekuensi jawaban remaja muslim di Pendang Alor Setar Kedah Darul Aman Malaysia. Sedangkan penelitian kualitatif yaitu, mendiskripsikan variabel-variabel penelitian dengan membandingkan data hasil penelitian dengan teori-teori yang ada sehingga kehidupan beragama remaja di Pendang Alor Setar Kedah Darul Aman Malaysia dan faktor yang mempengaruhinya dapat diketahui. Dengan metode pengumpulan data secara wawancara, angket, observasi dan dokumentasi setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu data kualitatif yaitu digambarkan dalam bentuk kata-kata dan data kuantitatif yaitu data dalam bentuk angka. Data kuantitatif disajikan dalam tabel frekuensi. Berdasarkan data dalam tabel analisis, data analisis dan diinterpretasikan untuk menjawab permasalahan dalam dalam penelitian ini. Sedangkan data kualitatif dipergunakan sebagai landasan untuk analisis deskriptif, yaitu suatu analisis yang hanya mendiskripsikan variabel-variabel penelitian dengan membandingkan data hasil penelitian dengan teori-teori yang ada sehingga permasalahan dalam penelitian ini dapat diuji. Jadi, teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis deskriptif. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah gambaran mengenai kehidupan remaja pada zaman globalisi. Berbagai-bagai ragam dapat dilihat malah dapat diperhatikan dengan mata kepala kita sendiri. Kehidupan remaja ini kurang beragama dalam kehidupannya seperti kurangnya sikap mental yang positif terhadap Allah SWT seperti, kurang meyakini, kurang mencinta, beramal kurang ikhlas, kurang menjaga persaudaraan dan lain-lain. Motivasi dalam diri remaja sangat kurang sekali untuk melaksanakan ajaran agama sehingga tidak terciptanya hubungan vertikal yang baik dengan Allah SWT dan horizontal dengan manusia juga tidak tercipta dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/210

Actions (login required)

View Item View Item