WANITA KURANG AKAL MENURUT ḤADĪTS (KAJIAN MA’ĀNI AL-ḤADĪTS)

NURUL KHOIRIAH, (2017) WANITA KURANG AKAL MENURUT ḤADĪTS (KAJIAN MA’ĀNI AL-ḤADĪTS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BABA III (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman terhadap hadits wanita kurang akal yang dijadikan sebagai argumen untuk melemahkan perempuan, dan untuk menindas serta mendiskriminasi hak wanita. Wanita dianggap makhluk yang kurang akal dan tidak mempunyai keahlian apapun, hal yang demikian ini bukan hanya dalam praktek agama, tetapi juga mempengaruhi perlakuan terhadap wanita dalam bidang kerja, sosial dan keluarga. Pemahaman ini “dilegitimasi” oleh kehadiran hadits Nabi yang seolah-olah memojokkan wanita, menyebutkan bahwa wanita kurang akal. Sungguh ini merupakan suatu pemahaman yang salah. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan adalah library research, menggunakan metode deskriptif dan analitis, skripsi ini menganalisa hadits melalui pendekatan tekstual dan kontekstual, mengumpulkan hadits-hadits yang satu tema dan menganalisa untuk menangkap makna umum yang terkandung di dalam hadits melalui dua permasalahan berikut, yaitu menganalisa kualitas hadits yang menyebutkan “wanita kurang akal” dan meninjau pemahaman dari segi tekstual dan kontekstual. Adapun teknik yang penulis gunakan ialah melacak hadits tentang “wanita kurang akal” dengan mentakhrījnya dengan metode takhrīj dan menganalisa matan dan sanad hadits mengacu kepada keṣahihan matan dan sanad yang telah disepakati oleh ulama hadits. Hasil penelitian tersebut dapat diketahui secara silsilah periwayatan hadits, bahwa hadits “wanita kurang akal” diriwayatkan oleh banyak mukharrij dan berstatus shahih. Dengan demikian hadits tersebut dapat dijadikan hujjah. Adapun maksud dari hadits ini dari segi tekstual ialah wanita itu hina penuh dosa, lemah, tidak berapa pandai dan kurang keyakinannya serta mudah tergoda. Kalau pemahaman ini diterima berarti kedudukan wanita tidak sama dengan laki-laki. Sedangkan Allah sendiri menyebutkan dalam al-Qu’rān bahwa kedudukan wanita dan laki-laki itu sama di sisi Allah SWT. Sedangkan dari segi kontekstual ialah kesaksian dua orang wanita sama dengan kesaksian satu orang laki-laki, karena berdasarkan petunjuk alQu’rān yang mengatakan bahwa kekurangan akalnya dari sisi kelemahan hafalannya, dan bahwa persaksiannya harus diperkuat dengan persaksian wanita lain yang mendukungnya, karena kadang ia lupa sehingga bisa jadi ia menambah atau mengurangi dalam persaksian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 01 Oct 2019 13:16
Last Modified: 01 Oct 2019 13:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20999

Actions (login required)

View Item View Item