KAIDAH ISTIFHAM DAN INPLEMENTASINYA DALAM AL-QUR’AN

SOFA JULIANTO, (2017) KAIDAH ISTIFHAM DAN INPLEMENTASINYA DALAM AL-QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img]
Preview
Text
10 BAB V (1).pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “KAIDAH ISTIFHAM DAN INPLEMENTASINYA DALAM AL-QUR’AN”. Yang harus difahami didalam penelitian ini adalah bagaimana redaksi istifham didalam Al-Qur’an dilihat dari pandangan para ulama Tafsir. Dan didalamnya terdapat beberapa surat dalam Al-Qur’an diantaranya: Surat Al-Baqarah Ayat 114, Ali-Imran Ayat 86, Al-Maidah Ayat 90, Surat AzZukhruf Ayat 87, dan Surat Muhammad Ayat 22. dan semuanya itu menjelaskan tentang Istifham. Maka dengan adanya penelitian tentang ayat-ayat yang di dalamnya terkandung kaidah Istifham dan di bantu dengan penjelasan para Mufasir dari beberapa ulama, maka kita akan tahu apa sebenarnya yang terkandung dari kaidah istifham tersebut. Sebagai mana kita ketahui bahwa istifham ialah mencari pemahaman tentang suatu hal yang tidak diketahui. sedangkan menurut al-Suyuti, istifham dengan berbagai maknanya, memiliki suatu maksud pokok yaitu mencari pemahaman tentang suatu hal.. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah identifikasi ayat dalam Al-Qur’an mengenai Istifham, dan uraian tentang kaidah Istifham, serta Implementasinya di dalam Al-Qur’an. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat menjadi suatu solusi dan jawaban bagi siapa saja yang membutuhkan informasi atau bertanya tentang kaidah Istifham di dalam Al-Quran. Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research) atau penelitian literatur murni, sementara metodologi yang digunakan adalah study tematik. Data-data yang terkait dengan studi ini dikumpulkan melalui studi pustaka. Penelitian ini disajikan dengan teknik analisis, yaitu dengan menjelaskan ayat-ayat yang berhubungan dengan Istifham itu sendiri, dengan merujuk pada al-Qur’an sebagai data primer dan buku-buku literatur yang berkaitan dengan isu-isu yang dibicarakan sebagai data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa redaksi istifham dalam berbagai bentuk, terkadang istifham muncul dalam makna yang hakiki, dan terkadang timbul dengan makna yang lari dari makna aslinya. Para mufassir cenderung menafsirkan ayat-ayat istifham dengan mengungkap makna terkandung dari ayat tersebut, tanpa mengungkapkan kaidah-kaidah dari istifham tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 01 Oct 2019 13:08
Last Modified: 01 Oct 2019 13:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20997

Actions (login required)

View Item View Item