Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENYEDIAAN ALAT PELINDUNG DIRI PETUGAS KEBERSIHAN OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBERSIHAN BERDASARKAN PERDA NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN PEKANBARU KOTA)

NURAZIZAH, - (2019) PENYEDIAAN ALAT PELINDUNG DIRI PETUGAS KEBERSIHAN OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBERSIHAN BERDASARKAN PERDA NOMOR 8 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI KASUS DI KECAMATAN PEKANBARU KOTA). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
1.COVER-digabungkan (2).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
10.BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)

Abstract

ABSTRAK Nurazizah, (2019): Penyediaan Alat Pelindung Diri Petugas Kebersihan Oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Berdasarkan Perda Nomor 8 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah (Studi Kasus di Kecamatan Pekanbaru Kota) Petugas kebersihan adalah salah satu profesi penting yang sering sekali di abaikan. Profesi yang sering di pandang sebelah mata, sebenarnya sangat berperan penting dalam siklus hidup sebuah kota. Petugas kebersihan berhak untuk mendapatkan perlindungan keselamatan kerja berupa alat pelindung diri untuk melindungi seluruh atau sebagian tubuhnya dari kemungkinan adanya pemaparan potensi bahaya kecelakaan dan penyakit saat bekerja dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan. Jenis Perlindungannya yaitu keselamatan dan kesehatan kerja berupa alat pelindung diri. Di dalam Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah telah di atur mengenai alat pelindung diri yang harus diberikan untuk petugas kebersihan. Namun dalam kenyataan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan belum sepenuhnya menyediakan alat pelindung diri yang lengkap untuk petugas kebersihan. Dilihat dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang di bahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penyediaan alat pelindung diri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk petugas kebersihan di Kecamatan Pekanbaru Kota, serta apa faktor penghambat dalam penyediaan alat pelindung diri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum sosiologis, dimana penelitian ini di lakukan terhadap keadaan yang nyata pada petugas kebersihan di Jalan Sudirman, Kecamatan Pekanbaru Kota. Dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta, kemudian dilanjutkan dengan menemukan masalah, kemudian menuju kepada identifikasi masalah dan pada akhirnya menuju kepada cara penyelesaian masalah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penyediaan alat pelindung diri oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan untuk petugas kebersihan belum diberikan secara lengkap seperti apa yang telah tencantum di dalam Perda Nomor 8 tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah. Adapun faktor penghambat dalam penyediaan alat pelindung diri untuk petugas kebersihan yaitu pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kurang mengetahui isi di dalam Perda tersebut, kemudian adanya kekurangan anggaran untuk pengadaan alat pelindung diri yang lengkap, faktor selanjutnya yaitu kurangnya sosialisasi dari Pemerintah Daerah tentang Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah. Sehingga pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan kurang mengetahui mengenai Perda Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah. i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Sep 2019 08:21
Last Modified: 27 Sep 2019 08:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20853

Actions (login required)

View Item View Item