Fitra Herlinda (2018) Model Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Integrasi untuk Meningkatkan Interaksi Komunikasi Siswa di Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Kota Pekanbaru. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201828DPAI_COVER.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201828DPAI_pengesahan.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201828DPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201828DPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201828DPAI_Abstrak.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201828DPAI_BAB I.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201828DPAI_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201828DPAI_BAB III.pdf Download (748kB) | Preview |
|
Text
9. 201828DPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 201828DPAI_BAB V.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201828DPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi bentuk interaksi komunikasi siswa yang terjadi dalam layanan bimbingan kelompok, (2) Menjelaskan langkah dan kualitas layanan bimbingan kelompok yang dilakukan guru bimbingan konseling, (3) Membuat model bimbingan kelompok berbasis integrasi nilai-nilai islami dalam meningkatkan interaksi komunikasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menggunakan pola pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluation). Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Interaksi komunikasi siswa dalam proses layanan bimbingan kelompok belum kondusif meskipun tidak dalam kategori sering atau banyak terjadi, seperti siswa mendominasi pembicaraan sehingga memberi tekanan pada siswa yang pemalu, siswa meninggikan suara, siswa tidak menghargai teman dalam bentuk mentertawakan teman yang salah, siswa memaksakan pendapat kepada teman sehingga kurang terjalin suasana keakraban dan persahabatan, siswa malu mengemukakan pendapat, (2) Guru bimbingan konseling sudah melakukan layanan bimbingan kelompok dengan mengikuti langkah-langkah yang ada yaitu, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap pelaksanaan dan pengakhiran. Namun dalam setiap tahap tersebut guru bimbingan konseling belum maksimal mengintegrasikan nilai-nilai islami sehingga masih terjadi interaksi komunikasi siswa belum kondusif. (3) Bentuk dan isi model bimbingan konseling berbasis integrasi nilai-nilai islami disusun berupa elemen pokok dan alur pelaksanaannya yang dimuat dalam Buku Panduan. Selain itu dibuat RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) berisi langkah-langkah yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling dalam mengimplementasikan bimbingan kolompok berbasis integrasi nilai-nilai islami dan sasaran yang ingin dicapai yaitu interaksi komunikasi siswa yang kondusif dan islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok berbasisi integrasi nilai-nilai islami yang dilatihkan dan diimplementasikan guru bimbingan konseling berada dalam kategori sangat praktis menurut user. Dari hasil observasi menunjukkan terjadi peningkatan intaraksi komunikasi siswa ke arah yang kondusif dan islami, artinya bimbingan kelompok berbasis integrasi nilai-nilai islami “efektif” meningkatkan interaksi komunikasi siswa. Di samping berdasarkan hitungan nilai koefisien effect size juga menunjukkan pada angka 0,69, angka ini termasuk dalam kategori “sedang”. Hasil perhitungan uji-t juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest, berarti terjadi peningkatan interaksi komunikasi siswa ke arah kondusif dan islami dalam proses layanan bimbingan kelompok. Kata Kunci : Model, Bimbingan Kelompok, Nilai-nilai islami, Interaksi komunikasi
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 27 Sep 2019 03:16 |
Last Modified: | 11 Jan 2021 15:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20812 |
Actions (login required)
View Item |