ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA JURUSAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG

MEGA MUSTIKA, - (2019) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA JURUSAN IPS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab IV ).pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian ( Bab IV ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mega Mustika, (2019): Analisis Kemandirian Belajar Siswa Pada Jurusan IPS Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya kemandirian belajar siswa pada Jurusan IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada Jurusan IPS di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII IPS yang terdiri dari 13 kelas yang berjumlah 436 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah analisis kemandirian belajar siswa pada Jurusan IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah peneliti lakukan setelah di analisa dapat disimpulkan bahwa Analisis kemandiran Belajar Siswa Pada Jurusan IPS Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang, kemandirian belajar siswa tergolong baik dengan persentase 78,3%. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kemandirian belajar siswa yang sesuai dengan indikator-indikator ketidakbergantungan dengan orang lain, memiliki sikap percaya diri, berperilaku disiplin, memiliki rasa tanggung jawab, berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri dan melakukan Kontrol diri maka semakin tinggi kemandirian belajar siswa akan membantu siswa dalam proses pembelajaran nantinya. Dapat dibuktikan dari proses dan hasil, saat menjalaninya terlihat lebih baik, lebih fokus dan serius dan hasil yang diperolehnya juga lebih bagus dibandingkan dengan yang tidak memiliki kemandirian sama sekali dari awal proses pembelajaran pada Jurusan IPS Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa dan Jurusan IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 27 Sep 2019 03:41
Last Modified: 27 Sep 2019 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20803

Actions (login required)

View Item View Item