MANFAAT MATAHARI MENURUT AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SAINS

DERHANA BULAN DALIMUNTHE, (2017) MANFAAT MATAHARI MENURUT AL-QUR’AN DAN KAITANNYA DENGAN SAINS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BABA III (1).pdf

Download (822kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini Skripsi berjudul “ Manfaat Matahari Menurut al-Qur’an Dan Kaitannya Dengan Sains”. Matahari sangat bermanfaat dalam kehidupan di bumi, baik bagi manusia dan makhluk lainnya. Hari demi hari berganti dengan adanya siang dan malam. Namun, hal ini tidak membuat semua manusia sadar dengan kekuasaan dan kasih sayang yang allah buktikan dengan ciptaannya yang bermanfaat pada ciptaannya yang lain. Maka, mesti dilakukan penelitian tentang hal tersebut hingga adanya kesadaran dan hikmah terhadap manusia tentang kekuasaan Allah. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah ayat-ayat al-Qur’an yang berbicara tentang peran matahari. Untuk memperoleh data, digunakan teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan ayat-ayat al-Qur’an yang berkaitan dengan peran matahari dan di kaitkan dengan sains. kemudian dilakukan dengan cara pengutipan baik secara sistematis sehingga menjadi satu paparan yang jelas tentang peran matahari dan implementasinya dalam kehidupan.Berdasarkan penelitian yang penulis telah temukan kata “ Syams” dalam al-Qur’an terdapat banyak sekali namun penulis hanya akan membahas ayat-ayat yang berbicara tentang manfaat matahari pada proses terjadinya siang dan malam yaitu pada surah az-Zumar: 5, Yunus: 5, alAn’am: 96, Fathir: 13, Fussilat 37. Di dalam ayat-ayat ini di jelaskan tentang cara kerja matahari dan bulan yang beredar pada tempatnya masing-masing.Setelah dilakukan penelitian melalui bab per bab, maka sebagai hasil dari kajian ini adalah mataharisangat bermanfaat dan merupakan sumber cahaya bagi seluruh makhluk di bumi. Hal ini juga berkaitan dengan kajian sains terutama pada proses terjadinya siang dan malam dan manfaatnya dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr. Supliadi
Date Deposited: 26 Sep 2019 12:31
Last Modified: 26 Sep 2019 12:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20785

Actions (login required)

View Item View Item