Rasyidi (2018) Perilaku Sosial Siswa Madrasah Aliyah di Provinsi Riau ( Studi Pengaruh Berpikir Qur’ani, Gaya Mengajar dan Kecerdasan Emosional Guru Pendidikan Agama Islam). Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201807DPAI_COVER.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201807DPAI_PENGESAHAN.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201807DPAI_KATA PENGANTAR RASYIDI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201807DPAI_DAFTAR ISI RASYIDI.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201807DPAI_ABSTRAK RASYIDI.pdf Download (392kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201807DPAI_BAB I RASYIDI.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201807DPAI_BAB II RASYIDI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201807DPAI_BAB III RASYIDI.pdf Download (981kB) | Preview |
|
Text
9. 201807DPAI_BAB IV RASYIDI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
10. 201807DPAI_BAB V RASYIDI.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201807DPAI_DAFTAR PUSTAKA RASYIDI.pdf Download (371kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian awal didapati data perilaku sosial siswa Madrasah Aliyah di Provinsi Riau rendah. Rendahnya perilaku sosial siswa tersebut diduga karena pengaruh berpikir qur’ani, gaya mengajar dan kecerdasan emosional guru pendidikan agama Islam. Oleh karen itu tujuan untuk dalam penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh gaya berpikir qur’ani, gaya mengajar dan kecerdasan emsoional guru pendidikan agama Islam Madrasah Aliyah di Provinsi Riau, sehingga dapat menemukan desain model perilaku sosial siswa khususnya di tingkat Madrasah Aliyah. Sesuai dengan tujuan penenlitian tersebut, maka rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah: seberapa besar pengaruh berpikir qur’ani, gaya mengajar dan keceradasan emosional guru pendidikan agama Islam terhadap perilaku sosial siswa MA di Provinsi Riau. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang bertujuan menguji hipotesis dengan menggunakan teknik statistik. Metode pengumpul data yang paling pokok adalah kuesioner (angket). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 310 orang siswa MA di Provinsi Riau. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji statistik korelasi pearson dan regresi ganda. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan: 1). Nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05 yang berarti adanya korelasi yang positif antara gaya berpikir dengan gaya mengajar, berpikir qur’ani dengan keceradasan emosional, berpikir qur’ani dengan perilaku sosial, gaya mengajar dengan kecerdasan emosional, gaya mengajar dengan perilaku sosial, serta keceradasan emosional dengan perilaku sosial. 2). Nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (p<0,05) yang berarti adanya pengaruh yang positif variabel bebas berpikir qur’ani, gaya mengajar dan kecerdasan emosional guru pendidikan agama Islam terhadap variabel terikat perilaku sosial siswa MA di Provinsi Riau. 3). Dari ketiga variabel bebas dalam penelitian yang paling besar memberikan pengaruh terhadap variabel perilaku sosial siswa adalah gaya mengajar dan berpikir ta’aqqul guru pendidikan agama Islam. Kata Kunci : mengajar qur’ani, gaya mengajar, kecerdasan emosional, perilaku sosial
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 08:01 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 08:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20776 |
Actions (login required)
View Item |